Pengertian Sigil:
Sigil adalah aplikasi untuk manajemen dan pembuatan digital book dengan format epub, dimana kita dapat membuat digital book sesuai dengan yang kita ingikan. Sigil mendukung format text, html dan format epub.

Sigil adalah editor open-source untuk EPUB e-buku yang dikembangkan oleh Strahinja Marković pada tahun 2009 dan dikelola oleh John Schember sejak tahun 2011. Sebagai aplikasi cross-platform, itu didistribusikan untuk Microsoft Windows, Mac OS X dan platform Linux di bawah lisensi GNU GPL. Sigil mendukung WYSIWYG dan mengedit kode berbasis file EPUB, serta impor HTML dan file teks biasa.

Selain teks  juga bisa menyisipkan gambar atau sampul buku dengan ukuran maksimal lebar 590 dan tinggi 750 pixel. Untuk menjadikan gambar tersebut sebagai cover, tinggal klik kanan pada gambar dan pilih “Add Semantics” kemudian pilih “Cover Image.
 Ada tak kurang dari 20 tools yang bisa kamu gunakan dengan fungsi yang beragam. Sigil juga dilengkapi tool yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa kesalahan pada file epub tersebut. Caranya adalah klik pada “tombol centang berwarna hijau” untuk memverifikasi apakah sudah bebas dari kesalahan atau belum, sebelum mendistribusikannya.

Beberapa fitur dari sigil adalah: 
     -Penuh UTF-16 dan EPUB 2 spesifikasi dukungan
     -Beberapa views: buku, kode dan pratinjau tampilan
     -Editing WYSIWYG dalam tampilan buku
     -Daftar isi Generator dengan dukungan judul multi-level
     -Editor Metadata dengan dukungan penuh untuk semua entri metadata
     -Eja memeriksa dengan default dan pengguna kamus dikonfigurasi
     -Ekspresi reguler penuh (PCRE) dukungan untuk mencari dan mengganti
     -Mendukung impor EPUB dan HTML file, gambar, dan style sheet,
     -Integrasi FlightCrew EPUB untuk EPUB kepatuhan validator
     -API Terpadu untuk HTML eksternal dan grafis editor


Sumber:
http://jery21tik.blogspot.com/2015/05/pengertian-dan-penggunaan-sigil.html
https://dierfirli.blogspot.com/2015/02/simulasi-digital-kurikulum-2013.html?showComment=1578879114475#c4993288006989082165