Blender


Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3d. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.

Blender berjalan sama baiknya di platform  komputer seperti Linux, Windows, dan Macintosh. Antarmukanya menggunakan OpenGL untuk memberikan pengalaman yang konsisten.

kegunaan blender 

kegunaaan utama Perangkat lunak ini adalah untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.

Fitur Blender:
  • Fast Modelling
  • Material yang realistis
  • Fast Rigging
  • Animation toolset
  • Sculpting (pahat)
  • Fast UV unwrapping
  • Full compositor
  • Camera dan Object tracking
  • Video editing
  • Tatap muka yang fleksibel
Berikut ini adalah contoh penggunaan software Blender:

Membuat Object 3D tali tambang

pertama buatlah 4 buat lingkaran dengan menggunakan circle curve dan gabungkan ke empat objek tersebut menjadi 1 buah objek dengan menekan tombol ctrl +J seperti berikut.




selanjutnya ubah jenis objek ini menjadi Mesh dengan cara menekan tombol (alt + c) dan pilih opsi yang bernama Mesh from Curves.
lalu buat objek ni menjadi objek 3D dengan meng extrude seluruh sisinya ke atas sebanyak 1, lalu putar terhadap sumbu Z sebanyak 36,dan ulangi sebanyak 5 kali.




Sampai menghasilkan Bentuk seperti dibawah




Gunakan Modifier Array untuk memperbanyak objek dengan bentuk yang sama terhadap suatu sumbu seperti gambar dibawah




Untuk mengubah bentuk tali sesuai keinginan gunakan modifier Curve,dengan langah pertama pangil dahulu objek Bezier,lalu select objek tali dan aktifkan modifier Curve lalu pilih objek baziernya seperti berikut




Hasilnya seperti diatas,nah objek tali ini bisa kita susun menjadi apapun sesuai keinginan kita,tinggal kita ubah bentuk Beziernya,maka tali akan mengikuti bentuk beziernya

Sumber: